Cara Menghindari Kesalahan Pemakaian Kondom

 Kumpulan Tips dan cara - Cara Menghindari Kesalahan Pemakaian Kondom - Tips dan Trik CaraCara Menghindari Kesalahan Pemakaian Kondom - Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang dapat diandalkan dalam memberikan perlindungan terhadap infeksi menular seksual dan kehamilan yang tak diinginkan. Penggunaan kondom sebenarnya cukup mudah, tetapi masih banyak orang yang melakukan kesalahan.

Kesalahan dalam pemakaian kondom tentu dapat mengurangi efektivitasnya. Sehingga, Anda harus memastikan memilih jenis, bentuk, dan ukuran kondom yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti dilansir everydayhealth, Jumat (11/1/2013), perhatikan 9 langkah berikut untuk menghindari kesalahan dalam pemakaian kondom:

1. Gunakan kondom yang baru
Kondom adalah alat kontrasepsi yang sekali pakai, sehingga pastikan untuk menggunakan kondom yang baru setiap kali Anda akan berhungan seks.

2. Tarik kulup
Jika penis tidak disunat, tariklah kulup ke belakang sebelum Anda memasang kondom pada penis.

3. Pasang kondom setelah ereksi
Pasanglah kondom setelah penis mengeras karena ereksi dan jangan melakukan kontak apapun dengan penis ke bagian tubuh pasangan, sebelum kondom terpasang. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya sperma ke vagina sebelum waktunya.

Meski kemungkinannya kecil, sperma yang masuk ke vagina tanpa penetrasi sekalipun dapat menyebabkan kehamilan.

4. Beri sedikit ruang pada kondom
Beberapa kondom dilengkapi dengan reservoir kecil untuk menampung sperma pada ujungnya, tetapi beberapa merek kondom tidak memiliki reservoir. Jika Anda menggunakan kondom tanpa reservoir, cubitlah ujung kondom hingga meninggalkan ruang sekitar setengah inci untuk mengumpulkan sperma.

5. Gunakan perlindungan tambahan
Jika Anda tidak yakin dengan perlindungan yang diberikan kondom, Anda dapat mencoba perlindungan tambahan dengan spermisida. Bentuknya seperti cairan yang berfungsi menon-aktifkan sperma. Bukalah gulungan kondom sampai ke dasar dan masukkan spermisida ke reservoir kondom.

6. Menggunakan pelumas
Anda juga dapat melumuri bagian kondom dengan pelumas secukupnya agar penetrasi dapat berjalan dengan lancar dan nyaman.

7. Menarik penis
Setelah ejakulasi dan sebelum penis menjadi licin karena sperma dalam kondom, segera keluarkan penis dari vagina. Peganglah tepi kondom dengan perlahan dan hati-hati ketika Anda menarik diri dari pasangan.

8. Lepaskan kondom
Untuk melepaskan kondom dari penis, tarik keluar kondom dengan perlahan agar sperma tidak tumpah keluar.

9. Bungkus kondom
Bungkus kondom bekas dengan plastik kemasannya kembali dan buanglah ke tempat sampah. Karena kondom dapat menyumbat saluran pembuangan, jangan membuangnya ke dalam toilet. Setelah itu, cuci tangan Anda dengan sabun dan air.

0 Response to "Cara Menghindari Kesalahan Pemakaian Kondom"

Powered by Blogger.