Cara Menghentikan Kebiasaan yang Anak Suka Menggigit

Cara Menghentikan Kebiasaan yang Anak Suka Menggigit Untips Blog ADA beberapa alasan yang menyebabkan anak menjadi suka menggigit. Namun, menjadi tugas Anda untuk menghentikan hal ini sebelum menjadi kebiasaan.

Apakah anak Anda gemar menggigit tangan Anda? Tentu banyak alasan yang menyebabkannya melakukan ini. Biasanya dia melakukannya untuk menarik perhatian Anda agar mengabulkan permintaannya. Namun, apa pun yang menyebabkan anak Anda menggigit, kebiasaan ini tetap saja harus dihentikan.

Berikut ini beberapa tip menghentikan anak yang suka menggigit, sebagaimana dilansir Sheknows.

Hentikan sejak awal

Bayi di bawah 11 bulan terkadang menggigit untuk menghilangkan nyeri pada gusinya. Akan tetapi, jangan biarkan hal ini membutanya menjadi terbiasa untuk menggigit Anda.

Tiap kali Anda melihat anak mulai ingin menggigit sesuatu, sediakan mainan penggigit (biasa terbuat dari plastik sebagai latihan menggigit anak). Dengan begitu, bayi Anda akan belajar menggigit sesuatu dan bukan seseorang.

Ini bukan permainan

Anak kadang berpikir hal ini sebagai permainan. Bisa jadi dia menganggap ini lucu. Oleh sebab itu, dia melakukannya lagi. Letakkan tangan Anda dengan lembut pada mulutnya kemudian katakana, “Jangan menggigit!” Lakukan ini terus hingga anak mengerti pesan Anda.

Bila dia menggigit untuk mendapatkan keinginannya, segera katakana, “Kamu tidak boleh menggigit ibu. Katakan pada ibu apa yang kamu butuhkan.” Kemudian Anda dapat mengajarinya cara menyampaikan permintaan yang benar.

Bila anak Anda melukai anak lain, beri perhatian pada korbannya. Katakan, “Ini pasti sakit. Apa yang bisa saya bantu?” Ini akan menunjukkan pada anak bagaimana memberikan simpati pada orang lain.

Jangan menggigit balik

Apa pun yang Anda dengar dari orangtua, jangan pernah menggigit balik anak Anda. Dengan melakukan hal itu, Anda menyampaikan pesan bahwa anak-anak tak boleh mengigit, namun orang dewasa boleh. Ingatlah untuk menangani perilaku ini sebelum menjadi kebiasaan.

0 Response to "Cara Menghentikan Kebiasaan yang Anak Suka Menggigit"

Powered by Blogger.