Cara Untuk Mengembalikan Kebugaran Setelah Kurang Tidur

SETELAH akhir pekan yang sibuk untuk dihabiskan bersama orang-orang tercinta, tak jarang Anda tidak mendapat waktu yang cukup di malam hari, karena kelelahan atau insomnia. Sementara itu, Anda harus kembali dengan rutinitas kantor yang menuntut produktivitas.

"Banyak dari kita yang tidak memiliki cukup waktu untuk tidur malam, tujuh atau delapan jam. Hal ini dapat sangat berbahaya untuk mereka yang bekerja sebagai pilot, dokter bedah, atau sopir truk,” kata David A. Neumeyer, MD, spesialis tidur di Klinik Lahey di Burlington, Amerika Serikat.

"Anda tidak bisa melawan jam biologi Anda. Satu-satunya obat untuk kurang tidur adalah tidur. Tapi bagi banyak dari kita, ada hari-hari di mana kita harus mengatasi kekurangan tidur dengan cara selain tidur," kata Neumeyer.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda, sebagaimana dilansir dari Everydayhealth, Senin (3/8/2015).

Makan dengan baik dan minum cukup

"Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda mencoba untuk menghemat energi sehingga Anda mungkin tidak memiliki energi atau nafsu untuk makan dan minum secara normal," Neumeyer memperingatkan. Oleh karena itu, makan seperti biasanya dan minum air putih yang cukup untuk menambah energi.

Olahraga atau aktif bergerak

"Beberapa latihan aerobik dapat memberikan dorongan energi untuk sementara. Tetapi, jangan berlebihan karena Anda hanya akan membuat tubuh mengalami kelelahan parah," katanya.

Nikmati udara segar dan sinar matahari

"Keluar dan berjemur di bawah sinar matahari membantu mengatur ulang jam biologis Anda," kata Neumeyer. Tubuh Anda akan berhenti membuat hormon melatonin ketika Anda terkena sinar matahari, dan membuat Anda tidak lagi mengantuk.

Minum kopi

Sekitar 80 persen orang dewasa menggunakan kopi sebagai stimulan. Anda mungkin perlu untuk mengambil lebih dari satu cangkir jika Anda ingin pulih setelah insomnia di malam hari sebelumnya. "Beberapa cangkir kopi dapat membantu, tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein," kata Neumeyer.

Tidur siang singkat
Anda dapat menabung tidur jika Anda tahu Anda akan begadang malam ini. Memulihkan energi dan kewaspadaan dengan tidur siang singkat sangat disarankan. Bahkan tidur siang hanya 15 sampai 20 menit dapat membantu.

0 Response to "Cara Untuk Mengembalikan Kebugaran Setelah Kurang Tidur"

Powered by Blogger.