Cara Mengatasi Jetlag Dengan Mudah

JET LAG merupakan keadaan yang tidak disukai orang. Anda bisa melakukan beberapa trik untuk mengatasinya.

Mengatasi jet lag bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari menyesuaikan zona waktu hingga trik sederhana, seperti menghindari sisi terang pesawat.

Berikut lima cara sederhana untuk mengatasi jet lag, dilansir dari Huffingtonpost.

Mulai rutinitas lebih cepat/lambat

Lakukan rutinitas Anda maju atau mundur satu hingga dua jam. Maju atau mundurnya tergantung di mana daerah yang akan Anda tuju.

Jika menuju ke daerah dengan zona waktu lebih cepat dari tempat tujuan, Anda perlu memajukan waktu untuk memulai rutinitas harian. Begitu pun sebaliknya. Hal ini bisa dilakukan dari mengatur jadwal tidur dan jadwal makan.

Sesuaikan jam Anda

Atur jam di tempat tujuan Anda. Sesuaikan jam tersebut selama dua hari sebelum keberangkatan.

Hal ini bermanfaat Anda cepat menyesuaikan diri dengan waktu di daerah tujuan. Pastikan untuk mengatur jam pada ponsel dan jam tangan Anda, sehingga mulai terbiasa dengan zona waktu tujuan.

Hindari sisi terang pesawat

Mengapa harus menghindari sisi terang pesawat? Sebab, cara tersebut dapat membuat Anda lebih mudah tertidur. Pesan kursi pesawat yang jauh dari jendela, sehingga Anda tidak merasa silau atau terganggu dengan cahaya yang masuk pesawat.

Jika terpaksa duduk dekat jendela, Anda bisa membawa masker mata atau kacamata yang membuat Anda nyaman tidur.

Hindari alkohol dan kafein

Pastikan kondisi badan Anda fit saat melakukan perjalanan jauh, terlebih menggunakan jasa maskapai menuju lokasi dengan zona waktu berbeda. Anda bisa merasakan pusing dan hal tak terduga lainnya yang berasal dari alkohol dan kafein.

Lebih baik menghindari kedua zat di atas saat Anda melakukan penerbangan atau menggantinya dengan air putih. Hal ini bisa membuat Anda lebih nyaman dan bugar saat turun dari pesawat.

Sesuaikan ritme sirkadian

Ritme sirkadian adalah sebuah proses biologis yang terjadi pada waktu yang sama setiap hari. Ritme tersebut bisa Anda sesuaikan dengan zona waktu di tempat tujuan Anda dengan rangsangan seperti cahaya dan panas.

Saat jet lag, cobalah tidak tidur siang dalam waktu lama. Justru Anda harus mencoba beraktivitas di luar ruangan yang memungkinkan Anda terkena paparan sinar matahari lebih banyak.

0 Response to "Cara Mengatasi Jetlag Dengan Mudah"

Powered by Blogger.