Cara Membuat Perut Rata

tips cara membuat perut rataCara Membuat Perut Rata - PERUT merupakan pusat kekuatan tubuh dan salah satu pendukung utama gerakan tubuh. Perut yang kuat akan membantu menjaga keseimbangan tubuh, mencegah cidera punggung bagian bawah dan membentuk postur tubuh yang baik.

Sangat penting melakukan latihan perut secara konsisten (10-15 menit, 4-5 kali per minggu). Selain menjaga keindahan bentuk tubuh, cara ini juga berfungsi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apakah cukup hanya dengan melakukan latihan perut saja? Rahasia untuk mendapatkan perut rata, indah, dan berotot adalah memperlakukan seluruh tubuh sebagai satu unit yang komplit. Jangan melakukan kesalahan dengan melakukan ratusan kali pengulangan latihan perut dengan harapan akan mendapatkan perut rata. Pada faktanya, otot perut bukanlah otot terbesar di tubuh. Artinya, tubuh tidak membakar terlalau banyak kalori saat Anda melakukan latihan perut.

Rahasianya adalah melakukan olahraga yang membakar kalori ekstra untuk menurunkan lemak tubuh. Cara ini memungkinkan otot-otot perut terlihat kencang dan berbentuk. Jalan, bersepeda, berenang dan jogging merupakan jenis olahraga yang efektif. Jenis olahraga ini melibatkan tubuh bagian bawah, khususnya otot di area pinggul, pantat (area otot terbesar dan membakar kalori terbanyak), paha dan betis.

Dengan membakar lebih banyak kalori, berarti Anda juga membakar lebih banyak lemak. Selain itu, latihan kekuatan untuk punggung dan bahu juga membantu mempercepat metabolisme, yang sangat penting dalam upaya menurunkan kadar lemak tubuh.
Otot-otot perut Anda hanya akan mengencang dan terlihat jelas jika kadar lemak di dalam tubuh rendah. Karena alasan ini, Anda memerlukan olahraga untuk otot-otot di bawah perut. Rutinitas olahraga di bagian bawah tubuh bisa membantu Anda membentuk perut.

Jenis olahraga Apakah yang terbaik? Sebuah studi menunjukkan kalau sit-up bukanlah olahraga terbaik untuk mendapatkan perut rata dan kuat. Berikut merupakan 3 latihan yang paling bagus untuk mengukir perut Anda:

Bicycle maneuver

Caranya:

1. Berbaringlah di atas punggung dengan kedua lutut ditekuk dan telapak kaki terletak datar di lantai.
2. Letakkan masing-masing tangan di samping kepala dengan jari-jari tepat di belakang telinga.
3. Doronglah punggung bagian bawah ke lantai untuk meluruskan bagian tubuh yang melengkung dan tahan.
4. Angkatlah lutut Anda ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat dan secara perlahan gerakkan kaki Anda seperti mengayuh pedal sepeda.
5. Sentuhkan siku kiri Anda ke lutut kanan, kemudian siku kanan ke lutut kiri dalam gerakan yang lambat dan terkontrol serta dengan memanjangkan masing-masing kaki setiap melakukan pengulangan.
6. Bernafaslah secara datar sepanjang melakukan olahraga.
7. Lakukan 20-30 kali pengulangan (hingga 3 set).


Captain's Chair

Ini merupakan cara terbaik kedua dalam meratakan dan mengencangkan otot perut.

Caranya:

1. Duduklah di atas kursi dan peganglah sisi kursi atau pegangan kursi untuk menstabilkan tubuh bagian atas.
2. Tekankan punggung Anda ke arah sandaran kursi dan kontraksikan perut untuk mengangkat kedua kaki dan angkatlah kedua lutut ke arah dada Anda.
3. Jangan melengkungkan punggung dan ingatlah untuk bernafas dengan lembut dan perlahan.
4. Kemudian turunkan secara perlahan dan ulangi sebanyak 12-16 kali.

Crunch on exercise ball

Bola olahraga merupakan sarana yang bagus untuk menguatkan otot perut dan menjadi gerakan ketiga terbaik dalam mengencangkan otot perut.

Caranya:

1. Berbaringlah menghadap ke atas dengan meletakkan bola di bawah punggung bagian tengah atau punggung bagian bawah.
2. Silangkan tangan di depan dada atau letakkan di belakang kepala.
3. Kontraksikan perut Anda untuk menarik badan ke bawah bola, dengan menarik dasar tulang rusuk ke bawah ke arah pinggul Anda.
4. Ketika Anda sedang meringkuk, pertahankan agar bola tetap stabil (sebaiknya Anda tidak berguling).
5. Turunkan punggung ke bawah, regangkan otot perut, dan ulangi hingga 12-16 kali. (OL-08)

0 Response to "Cara Membuat Perut Rata"

Powered by Blogger.