Cara Bersihkan Ikan Tuna Yang Baik

Kumpulan Tips - Cara Bersihkan Ikan Tuna Yang Baik - IKAN tuna segar tergolong tidak mudah dibersihkan. Dan bila salah memotong, hasilnya bisa berantakan sehingga berpengaruh pada cita rasa ikan tuna yang akan Anda olah.

Cara Bersihkan Ikan Tuna Yang Baik


Dalam membersihkan ikan tuna, perhatikan bagian ikan tuna yang tidak layak dikonsumsi hingga bersih. Simak beberapa caranya, seperti dilansir Ehow, Kamis (16/2/2012):

1. Cuci terlebih dahulu ikan tuna dengan air dingin. Gunakan sisi tumpul pisau untuk mengikis kotoran pada kepala ikan tuna dengan air dingin yang mengalir.

2. Putar ikan di bagian punggungnya tapi sebelumnya, alasi dengan selembar Koran. Buat potongan di bagian perut, potong hingga ke bagian dalam, setelah itu tarik isi kepala ikan hingga terbuka.

3. Ambil insang ikan dengan jari. Setelah terasa pada jari, kemudian tarik untuk mencabutnya agar seluruh isi perut ikan bisa keluar dalam keadaan utuh.

4. Bilas ikan, bagian dalam dan luarnya dengan air dingin yang mengalir. Gunakan sendok untuk mengambil bagian yang tersisa di dalam perut ikan. Setelah keluar, potong sirip ikan untuk menghilangkan bagian tajam. Bungkus isi perut ikan ke dalam kantong plastik agar terhindar dari bau menyengat.

5. Ambil pisau yang tajam untuk memotong daging tuna hingga bagian dalam setebal satu inci. Potong sesuai selera Anda.

Selamat Melakukan.

0 Response to "Cara Bersihkan Ikan Tuna Yang Baik"

Powered by Blogger.