Cara Sederhana Atasi Nyeri Haid

Tips Diet - Cara Sederhana Atasi Nyeri Haid - langkah langkah diet sehat bugarCara Sederhana Atasi Nyeri Haid - NYERI pada periode menstruasi sangat umum terjadi padaw anita. Biasanya nyeri tersebut berpusat pada bagian perut. Untuk mengatasi sakit perut pada periode menstruasi, Anda bisa melakukan cara berikut.

Sakit perut yang dirasakan sebenarnya akibat dari kontraksi rahim untuk mengeluarkan endometrium yang juga dipengaruhi oleh hormon prostaglandin. Hormon dalam tubuh umumnya mengalami kekacauan, ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh.

Jika rasa sakit yang muncul masih dapat ditahan, itu masih bisa disebut normal. Namun jika rasa sakit sampai menimbulkan nyeri yang menyebabkan aktifitas Anda terganggu, bahkan jatuh pingsan, Anda perlu melakukan pemeriksaan segera.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit perut akibat menstruasi, seperti yang dikutip dari Buku Pintar Miss V, Cara Cerdas Merawat Organ Intim Wanita, karya Fania Burhani, Araska, seperti dikutip Sabtu (20/10/2012):

1. Kompres dengan botol panas (hangat) pada bagian yang terasa sakit atau kram.

2. Mandi air hangat, bisa menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri dan membuat lebih rileks.

3. Minum minuman hangat yang mengandung tinggi kalsium.

4. Menggosok-gosok bagian perut atau pinggang yang sakit.

5. Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah, ini adalah salah satu cara relaksasi.

0 Response to "Cara Sederhana Atasi Nyeri Haid"

Powered by Blogger.