Cara Mengurangi Kolesterol Jahat Selama Seminggu

Cara Mengurangi Kolesterol Jahat Selama Seminggu
Cara Mengurangi Kolesterol Jahat Selama Seminggu - Mengubah gaya hidup melalui pola makan tidak selalu berhasil buat setiap orang. Diet ketat dan membatasi makanan seringkali membuat orang menjadi "menyerah" dan memilih cara instan untuk menurunkan berat bedan mereka, yaitu lewat obat-obatan.

Ahli gizi dari Australia, Lisa Guy mencoba memberikan tips yang bisa dilakukan selama tujuh hari untuk memulai semangat Anda mengurangi asupan makanan yang tidak sehat dan menurunkan kolesterol. Tips ini bisa mulai Anda lakukan besok, seminggu setelah libur Lebaran.

Berikut "menu" yang disarankan Guy;

Senin
Meningkatkan asupan buah dan sayur, karena kaya nutrisi penting, rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol. Mereka juga kaya serat, dan memiliki efek penurun kolesterol. Dalam lima hari ke depan, konsumsi setidaknya satu buah dan satu sayur berwarna yang berbeda.

Selasa
Mengurangi asupan lemak tidak sehat. Asam lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan kadar kolesterol darah. Lemak trans adalah yang terburuk, sehingga mampu bertahan lama di dalam tubuh. Pilih produk rendah lemak susu, seperti minyak zaitun dan minyak biji rami sebagai pengganti mentega. Selain itu jangan konsumsi lemak dari daging dan kulit dari unggas.

Rabu
Masak dengan minyak zaitun, sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Minyak zaitun memiliki ambang oksidasi lebih tinggi daripada kebanyakan minyak tak jenuh tunggal dan tetap stabil pada suhu yang lebih tinggi, sehingga lebih tahan terhadap hidrogenasi dan pembentukan lemak trans. Lemak tak jenuh tunggal membantu menurunkan kadar kolesterol total.

Kamis
Makan lebih banyak bawang putih. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, menurunkan kadar kolesterol jahat, LDL dan meningkatkan kolesterol baik, HDL. Bawang putih juga membantu untuk mengencerkan darah dan membantu mengurangi risiko serangan jantung. Studi menunjukkan negara-negara yang makan lebih banyak bawang putih memiliki kasus penyakit jantung lebih rendah.

Jumat
Makan lebih banyak kacang-kacangan, seperti buncis, lentil, buncis dan kacang polong, yang baik bagi orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi. Kacang-kacangan rendah lemak dan kaya nutrisi, seperti vitamin B, zat besi dan lemak tak jenuh. Kacang-kacangan juga merupakan sumber yang kaya serat larut, yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol.

Sabtu
Makan oatmeal untuk sarapan. Gandum utuh yang dikemas ini memiliki nutrisi, seperti vitamin B, vitamin E dan zat besi. Oat merupakan sumber yang sangat baik dari serat larut, yang menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minggu
Makan kacang, seperti almond dan walnut sebab kaya akan lemak tak jenuh.

Penulis: Nessy Febrinastri/FAB

0 Response to "Cara Mengurangi Kolesterol Jahat Selama Seminggu"

Powered by Blogger.