Cara agar Isi Kolak Pisang Tidak Hancur

Cara agar Isi Kolak Pisang Tidak Hancur
Cara agar Isi Kolak Pisang Tidak Hancur - Kolak pisang menjadi menu buka puasa yang gampang didapatkan saat bulan Ramadhan.

Kolak banyak dibuat oleh rumah tangga dan dijajakan di pinggir jalan sebagai dagangan takjil. Rasa kolak pisang memang nikmat. Ditambah sedikit es batu akan menjadi tambah segar.

Namun, kadang pisang yang dimasukkan ke dalam masakan kolak menjadi hancur. Hal ini sangat dipengaruhi oleh pemilihan jenis pisang dan cara mengolahnya.

Jika kolak memakai jenis yang cenderung lembek, maka teksturnya gampang hancur saat dimasak cukup lama. Oleh sebab itu, pilih pisang yang punya tekstur kasar. Contohnya adalah pisang nangka, kapok, atau tanduk. Jika harga pisang raja terjangkau buat Anda, jenis ini cukup enak sebagai isian kolak. Dari semua jenis pisang tersebut, ambil yang matang tapi tidak kematangan.

Jika dilihat dari cara memasaknya, ada tiga tips yang bisa diterapkan agar pisang pada kolak tetap padat dan tidak hancur. Dikutip dari Tribun, begini caranya:


  • Saat memasak, berikan tambahan air kapur sirih pada kolak yang direbus tapi sedikit saja.
  • Jika kolak sudah diberikan tambahan gula, masaklah dengan api kecil hingga matang.
  • Pakai sendok kayu kala mengaduk dan hindari melakukannya terlalu sering. Mengaduk kolak pisang dengan cara didorong dan tidak dibolak-balik.


0 Response to "Cara agar Isi Kolak Pisang Tidak Hancur"

Powered by Blogger.